Tidak mudah emang untuk mencari oleh-oleh di Jakarta....dulu ketika jaman J-Co, Dunkin Donuts hanya ada di Jakarta itulah yang akan menjadi oleh-oleh, tapi kan saat ini kedua toko donut tersebut udah ada hampir disemua kota di Indonesia, dan bakal tidak menarik bila tetap dijadikan oleh-oleh dari Jakarta, secara udah ada di kota yang mereka datangi juga.

Industri oleh-oleh merupakan industri yang menarik, coba liat bagaimana Dagadu dan Krisna bisa berkembang atau industri oleh-oleh di Bandung yang hampir setiap saya datang ke Bandung pasti ada produk baru yang melambang ‘khas Bandung’. Orang Indonesia dikenal orang yang suka belanja apalagi belanja oleh-oleh, gag kemana dan dimana pasti beli oleh-oleh dan biasanya beli banyak, secara kerabatnya banyak, mulai dari sodara, temen kantor, tetangga, dll yang semuanya perlu dibawakan oleh-oleh.

So, kenapa industri oleh-oleh di Jakarta kurang berkembang ya ? apakah Jakarta emang gag ada sesuatu yang bisa dibawa pulang....sepertinya ada, untuk makanan ada biji ketapang, dodol Betawi, kembang goyang, dll (memang beberapa snack ada juga didaerah lain). Ada juga yang bilang, kenapa oleh-oleh Jakarta tidak berkembang adalah karena udah terlalu lama gag ada yang namanya oleh-oleh dari Jakarta, so saat ini penduduk Jakarta udah gag peduli sama yang namanya oleh-oleh.

So, untuk mengetahui lebih banyak tentang Jakarta, silahkan cek website ini :)